Menipiskan Bulu Alis, Halal kah?

Posted on: Taiwan Halal / By Shinta Larasaty Santoso / Editor Shinta Larasaty Santoso / 2019-04-15 16:45:13 / 863 Views

Menipiskan Bulu Alis, Halal kah?

Ingin tampil cantik merupakan dorongan wajar bagi kaum wanita. Salah satunya keinginan mempercantik bulu alis. Berbagai cara dapat dilakukan, mulai dari tradisional sampai yang modern.  

Tapi apakah semuanya itu halal? 

Mencukur bulu alis karena ingin ditinggikan atau disamakan merupakan hal yang diharamkan Islam.  Rasulullah dalam sabdanya, mengutuk wanita yang mencukur bulu alis atau meminta dicukur bulu alis (H. Abu Dawud; 4170). 

Status haram menipiskan bulu alis lebih kuat lagi ketika itu dilakukan sebagai tanda bagi para perempuan tidak baik. Pendapat berbeda disampaikan sebagian ulama Hanbali yang menyatakan kebolehan membersihkan bulu wajah, mewarnai wajah, membentuk alis, atau meruncingkan bulu mata, selama dilakukan atas izin dari suami. Pasalnya, hal-hal tadi dikategorikan sebagai tindakan menghias diri (Ibnu Hajar, Fath al-Bari, Jilid 10; h. 378) 

Namun demikian, al-Nawawi tetap pada pendirian bahwa membersihkan rambut-rambut wajah tidak diperbolehkan dan menganggap itu sebagai perbuatan yang haram (al-Nawawi, Syarh Muslim, Jilid 14; h. 106) 

Pendapat al-Nawawi dikuatkan oleh hadits yang diriwayatkan Abu Dawud dalam kitab Sunan-nya, “Yang dimaksud al-namishah adalah wanita yang membentuk bulu alisnya hingga tipis (Sunan Abu Dawud; 4170). Ia tidak termasuk menghias wajah dan menghilangkan rambut-rambutnya.” 

‘Abd al-Razzaq (No. 5104) meriwayatkan bahwa istri Abu Ishaq datang menemui ‘Aisyah r.a. Ketika itu, istri Abu Ishaq masih gadis dan dikagumi kecantikannya. Ia bertanya kepada ‘Aisyah, “Bagaimana hukumnya perempuan yang menghias wajah untuk menyenangkan suaminya?” Dijawabnya, “Hilangkanlah segala keburukan di wajahmu semampu kamu.” 

Rujukan:    

Al-Halal wa al-Haram fi al-Islam, Prof. Dr. Yusuf al-Qaradhawi 


Share this article on
Today Quote:
If you want to destroy any nation without war, make adultery & nudity common in the next generation. – Salahuddin Ayyubi Quote.

Posted in taiwanhalal.com

Login to comment: Login/Register or