Jual-Beli Barang Haram, Bagaimana Hukumnya?

Posted on: Taiwan Halal / By Shinta Larasaty Santoso / Editor Shinta Larasaty Santoso / 2018-12-24 15:41:26 / 131 Views

Jual-Beli Barang Haram, Bagaimana Hukumnya?

Allah menciptakan manusia sebagai makhluk sosial, makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Tidak ada seorang pun yang mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Oleh karena itu, Allah memberikan jalan kepada mereka untuk bertukar barang dan jasa dengan cara jual-beli dan bentuk-bentuk transaksi lainnya, sehingga kehidupan menjadi produktif.

Tapi,bagaimana hukumnya jika yang diperjualbelikan adalah barang haram?

Tradisi apapun yang membawa kepada kemaksiatan adalah dilarang dalam Islam.

Begitu juga jika ada sesuatu yang bermanfaat bagi umat manusia, tetapi sesuatu itu termasuk salah satu bentuk kemaksiatan, maka memperdagangkannya adalah haram. Contohnya adalah daging babi, minuman keras, makanan dan minuman yang diharamkan, patung, salib, lukisan, dan sebagainya.

Pasalnya, memperdagangkan barang-barang tersebut dapat menimbulkan perbuatan-perbuatan maksiat, menggiring orang berbuat maksiat, mempermudah dan mendekatkan seseorang ke jalan maksiat.
Sehingga diharamkannya memperjualbelikan barang-barang tersebut, dapat menghambat perbuatan maksiat,bahkan dapat mematikan niat orang yang ingat kepada kemaksiatan dan menjauhkannya bersentuhan dengan kemaksiatan.

Oleh sebab itu, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya telah mengharamkan jual beli khamer/minuman keras, bangkai, daging babi, dan patung berhala." (HR. Bukhari; 2236).

Dalam riwayat lain, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah ketika mengharamkan sesuatu, maka Dia mengharamkan menjualbelikannya.” (HR. Ahmad; 2678).
Semoga kita dijauhkan dari hal-hal haram dan didekatkan rizki kita melalui jalan yang baik.

 

Rujukan: Al-Halal wa al-Haram fi al-Islam, Prof. Dr. Yusuf al-Qaradhawi


Share this article on
Today Quote:
Trust Allah when things don’t work out the way you wanted. Allah has something better planned for you.

Posted in taiwanhalal.com

Login to comment: Login/Register or