Hati-hati, 6 Perkara ini Penyebab Rusaknya Hati

Posted on: Taiwan Halal / By Shinta Larasaty Santoso / Editor Shinta Larasaty Santoso / 2018-11-26 16:24:55 / 216 Views

Hati-hati, 6 Perkara ini Penyebab Rusaknya Hati

Hati adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Baik buruknya kondisi hati dapat berpengaruh pada baik buruknya kondisi tubuh yang lain. Ingatkah kita, Rasulullah pernah mengingatkan hal tersebut?

“Ingatlah bahwa di dalam jasad ada segumpal daging. Jika ia baik maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim)

Sudah sepatutnya kita senantiasa menjaga hati kita dari hal-hal yang merusaknya. Hal apa saja yang dapat membuat hati menjadi rusak?

Hasan al-Bashri rahimahullah berkata:

قال الحسن البصري رحمه الله : فساد القلوب متولد من ستة أشياء، أولها: يذنبون برجاء التوبة، ويتعلمون العلم ولا يعملون به، وإذا عملوا لا يخلصون، ويأكلون رزق الله ولا يشكرون، ولا يرضون بقسمة الله، ويدفنون موتاهم ولا يعتبرون.

Sesungguhnya, rusaknya hati itu disebabkan enam hal, yaitu:

  1. Sengaja berbuat dosa dengan harapan kelak tobatnya diterima.
  2. Mempunyai ilmu, namun enggan mengamalkannya.
  3. Beramal, namun tidak ikhlas.
  4. Memakan rezeki Allah, namun tidak mensyukurinya.
  5. Tidak ridha dengan pemberian Allah.
  6. Mengubur jenazah, namun enggan mengambil pelajaran dari kematian mereka."

Apabila seseorang melakukan ibadah tanpa didasari niat yang ikhlas, berarti dia belum jujur dalam beribadah. Kejujuran itu ibarat pohon, keikhlasan adalah cabangnya.

Mengenai ikhlas, Imam Ahmad bin Hanbal selalu memanjatkan doa berikut:

“Wahai dzat yang membimbing orang-orang bingung , tunjukkanlah aku ke jalan orang-orang yang benar dan masukkanlah aku ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang ikhlas dalam beramal.”

Syukur pada poin empat maksudnya ialah mensyukuri nikmat-nikmat Allah Swt. dengan mempergunakan semua anggota badan untuk melakukan hal-hal yang diridhai-Nya.

Adapun yang terkait dengan masalah kematian, telah dijelaskan banyak hadits dari Rasulullah saw. di antaranya, “Sesungguhnya, kuburan itu persinggahan pertama menuju akhirat. Jika seseorang selamat dari siksa kubur, pada persinggahan-persinggahan berikutnya akan lebih lancar. Namun, jika tidak selamat dari siksa kubur, pada persinggahan-persinggahan selanjutnya akan terasa lebih berat.” (HR. ar-Tirmidzi, Ibnu Majah, & al-Hakim)

 

Rujukan: Kitab Nashaihul 'Ibad

 


Share this article on
Today Quote:
It is better for a leader to make a mistake in forgiving than to make a mistake in punishing. (Hadits)

Posted in taiwanhalal.com

Login to comment: Login/Register or