Meminta-minta Padahal Mampu, Bagaimana Hukumnya?

Posted on: Taiwan Halal / By Shinta Larasaty Santoso / Editor Shinta Larasaty Santoso / 2018-11-21 16:51:29 / 394 Views

Meminta-minta Padahal Mampu, Bagaimana Hukumnya?

“Rezeki sudah ada yang mengatur”.
Kalimat tersebut mungkin sering kita dengar. Tapi, sudah benar kah cara kita memaknainya?

Langit tidak menurunkan hujan emas atau perak.” Alasan bisa selalu ada, seperti sibuk beribadah atau tawakal kepada Allah. Namun, tetap tidak lah halal seorang muslim malas-malasan mencari rezeki,.

Begitu pula seorang muslim tidak halal mengharap sedekah yang diberikan kepada dirinya. Pasalnya, dia memiliki sebab-sebab kekuatan berusaha untuk dirinya dan mencukupi keluarga juga orang-orang yang harus dinafkahinya. Oleh karenanya, Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnad-nya (no. 9061) Rasulullah ﷺ bersabda, “Sedekah itu tidak halal bagi orang yang kaya dan orang yang masih memiliki kemampuan (usaha).”

Lalu apakah yang paling tidak disukai Rasulullah ?

Di antara yang paling ditentang dan diharamkan Rasulullah ﷺ kepada umatnya ialah meminta-minta kepada sesama. Sehingga dia keluarkanlah keringat wajahnya, dia jatuhkan kehormatan dan kemuliaannya, padahal dia tidak terpaksa melakukannya. Rasulullah ﷺ bersabda “Siapa saja yang meminta tanpa ada kebutuhan sama saja memungut bara api”. (Hadits Riwayat Imam Ahmad dalam Musnad-nya no. 17508)

Dalam hadits lain, beliau bersabda, “Siapa saja yang meminta-minta kepada orang lain untuk menambah kekayaan hartanya maka dia akan menampar wajahnya pada hari kiamat dan memakan batu neraka yang membara. Siapa saja yang menghendaki, maka sedikitkanlah dan siapa saja yang menghendaki maka perbanyaklah.” (HR Tirmidzi, no.653)

Pada kesempatan lain Rasulullah ﷺ juga bersabda, “Meminta-minta itu senantiasa dilakukan oleh seseorang di antara kamu hingga dia bertemu Allah dan di wajahnya tidak ada sepotong daging pun.”

Teguran keras yang disampaikan Rasulullah ﷺ demi melindungi harga diri umat Islam, membiasakan mereka hidup bersih, percaya diri dan tidak tergantung kepada orang lain.

Referensi:

Al-Halal wa al-Haram fi al-Islam, Prof. Dr. Yusuf al-Qaradhawi


Share this article on
Today Quote:
No matter what your physical appearance, when you have kindness in your heart, You’re the most beautiful person in the world.

Posted in taiwanhalal.com

Login to comment: Login/Register or