Bangga jadi Indonesia: Produk Makanan-Minuman Halal Indonesia Jadi Favorit di Taiwan

Posted on: Taiwan Halal / By Faisal Fahmi / Editor Faisal Fahmi / 2016-07-18 13:38:36 / 1850 Views

taiwanhalal.com ~ Taiwan Halal mendapat undangan secara eksklusif oleh panitia Halal Taiwan dalam "Taiwan International Halal Expo" yang diselenggarakan di Hall 1 TWTC Exhibition Centre pada 22-25 Juni 2016. Pada Pameran yang bertema "Savoring Halal and Experiencing Taiwan" ini, Taiwan Halal yang diwakili oleh Faisal Fahmi dan Himmatur Rijal mendapat berbagai informasi mengenai produk-produk halal yang ada di Taiwan. Produk-produk ini tentunya diluar dari yang sudah disediakan di Aplikasi Taiwan Halal yang saat ini masih menyediakan informasi mengenai masjid, restoran dan hotel halal, komunitas muslim, dan kota-kota serta tempat wisata dengan informasi tempat-tempat halal terdekat. Untuk kedepannya semoga kami bisa menyediakan informasi mengenai produk-produk taiwan dengan sertifikat halal.

Dilangsir dari liputan 6, pada pameran ini penjualan produk makanan dan minuman halal Indonesia mampu mencetak transaksi hingga US$ 2,34 juta atau Rp 31,59 miliar (kurs Rp 13.500 per dolar AS). "Nilai pembelian US$ 2,34 juta ini menunjukkan produk halal Indonesia mampu bersaing dengan produk halal dari negara lain," ucap Kepala KDEI Taipei Arief Fadillah dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (12/7/2016).  Arief menuturkan, transaksi langsung selama pameran sebesar US$ 1,18 juta dan kontak bisnis yang harus ditindaklanjuti sebesar US$ 1,16 juta untuk produk biskuit Monde, wafer, kopi, dan bumbu dari CV Karya Omega. 

Adapun produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia yang laris manis diburu pengunjung, di antaranya produk dari PT Tri Bahagia Pratama, yakni jus manggis, madu pahit, dan gravila leaf tea terjual US$ 462,9 ribu. Kemudian produk cornet beef dan luncheon chicken sebesar US$ 345 ribu, produk choco spread dan choco powder sebesar US$ 159,18 ribu dari PT Sekawan Karsa Mulia. Sementara produk rice noodle and creckers dari PT Goldi Asi Pangan mendapatkan pembelian sebesar US$ 119 ribu. Produk coco milk dan coco water dari PT Pacific Coconut Utama sebesar US$ 105.200. Sementara produk kopi luwak premium dan golden peaberry coffee terjual sebesar US$ 152,1 ribu dari PT Domba Bali Persada. Kemudian produk VCO, coco soap, moisturizer oil produksi PT Nucifera Alam Indonesia sebesar US$ 115 ribu, produk dendeng batokok sebesar US$ 12,10 ribu dari PT Mikro Integrasi. 

Serta produk cassava chip sebesar US$ 12,75 ribu dari CV Saung Karuhun Berkah. "Produk kosmetik asal Indonesia juga mendapat transaksi. Produk dari CV Sekawan Kosmetik seperti body lotion, fruit soap dan Fanire Hygine mencetak transaksi sebesar US$ 15 ribu," ujar Arief. Menurut dia, produk halal Indonesia sudah masuk ke pasar potensial, terutama di wilayah Asia Pasifik. Lebih dari setengah populasi Muslim dunia berpusat di Asia, terutama di Indonesia, Turki, dan Malaysia. "Taiwan dianggap menjadi hub penting untuk Asia Pasifik dalam mempromosikan produk halal," dia menuturkan.

Pameran Taiwan International Halal Expo di Taipei, diikuti 1.642 eksibitor domestik dan internasional. Pengunjung yang datang berjumlah 66.911 orang dan 7.562, berasal dari mancanegara yang kebanyakan dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, Hong Kong, Malaysia, Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan, Filipina, Thailand, dan Indonesia. Untuk informasi, neraca perdagangan nonmigas Indonesia ke Taiwan 2015 mengalami surplus sebesar US$ 514,5 juta. Pada tahun lalu, Indonesia merupakan negara urutan ke-15 pemasok produk makanan olahan ke pasar Taiwan setelah Italia, Singapura, Jerman, Australia, dan Vietnam. Sementara, Taiwan merupakan negara ke-16 asal impor makanan olahan bagi Indonesia.

Disadur dari http://bisnis.liputan6.com/read/2550938/warga-taiwan-sukai-biskuit-sampai-dendeng-batokok-halal-ri, foto oleh Himmatur Rijal/Taiwan Halal.


Share this article on
Today Quote:
Declare your jihad on thirteen enemies you cannot see -egoism, arrogance, conceit, selfishness, greed, lust, intolerance, anger, lying, cheating, gossiping and slandering. If you can master and destroy them, then you will be read to fight the enemy you can see

Posted in taiwanhalal.com

Login to comment