Berlatar Konflik Palestina-Israel, 7 Film Terbaik Ini Harus Ditonton

Posted on: Taiwan Halal / By Fera Nur Aini / Editor Fera Nur Aini / 2018-01-23 20:51:15 / 231 Views

Melansir IMDb, ada cukup banyak film berlatar konflik Palestina dan Israel. Bukan sembarang film, karena ternyata film-film ini adalah yang terbaik hingga memenangi berbagai macam penghargaan bergengsi dan dinominasikan pula untuk beragam penghargaan ternama. Pembuatnya tentu memiliki beragam sudut pandang, 7 film ini adalah beberapa di antara film-film tersebut yang dibuat oleh orang Palestina atu menggunakan sudut pandang Palestina. Menontonnya membuat kita bisa mengenal lebih dekat bagaimana konflik di sana memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakatnya.

1. Rana's Wedding (2002)

Sutradara: Hany Abu-Assad
Penulis skenario: Liana Badr, Ihab Lamey
Pemain: Clara Khoury, Khalifa Natour, Ismael Dabbag, dll.

Pemenang 5 penghargaan dan 4 nominasi ini bercerita tentang seorang gadis Palestina berusia 17 tahun yang ingin menikah dengan pria yang dipilihnya sendiri. Rana bangun pagi sampai ultimatum yang disampaikan oleh ayahnya: dia harus memilih suami dari daftar pria yang telah dipilih sebelumnya, atau dia harus meninggalkan Palestina dan pergi ke Mesir bersama ayahnya pada pukul 4 sore itu. Dalam waktu sepuluh jam ia harus menemukan pacarnya di Yerusalem yang sedang diduduki tentara Israel, dia menyelinap keluar dari rumah ayahnya saat pagi hari untuk menemukan cinta terlarangnya, Khalil.

2. Private (2004)

Sutradara: Saverio Costanzo
Penulis skenario: Saverio Costanzo, Sayed Kashua, Camilla Costanzo, Alessio Cremonini
Pemain: Mohammad Bakri, Lior Miller, Hend Ayoub, dll.

Film ini merupakan debut dari sang sutradara yang berasal dari Italia. Berkisah tentang sebuah keluarga Palestina yang terjebak dalah rumahnya karena diduduki oleh tentara Israel. Rumah tersebut adalah milik keluarga Mohammad yang terletak di antara kampung Palestina dan pemukiman Yahudi. Film ini adalah ekspresi simpati terhadap hak-hak asasi masyarakat Palestina yang terampas. Hebatnya, Private telah memenangkan 11 penghargaan dan 7 nominasi diantaranya adalah Golden Leopard di Festival Film Locarno 2004.

3. Paradise Now/ Al-Jenna-An (2005)

Sutradara: Hany Abu-Assad
Penulis skenario: Hany Abu-Assad, Bero Beyer, Pierre Hodgson
Pemain: Kais Nashif, Ali Suliman, Lubna Azabal, dll.

Berkisah tentang dua orang pemuda Palestina bernama Said dan Khaled, mereka adalah teman kecil yang sama-sama direkrut menjadi pembom bunuh diri di Tel Aviv. Diluncurkan pada tahun 2005, film ini sudah memenangi 13 penghargaan dan mendapat 15 nominasi termasuk untuk Oscar. Beberapa penghargaan yang pernah didapat adalah dalam Festival Film New York 2005 dan memenangi Golden Globe untuk kategori Film Asing Terbaik.

4. Laila's Birthday (2008)

Sutradara: Rashid Masharawi
Penulis skenario: Rashid Masharawi (screenplay)
Pemain: Mohammad Bakri, Areen Omari, Nour Zoubi, dll.

Abu Laila dulunya adalah seorang hakim, tapi karena pemerintah tidak memiliki sarana untuk memperbarui tugasnya dia dipaksa menjadi sopir taksi. Pada hari ulang tahun ke-7 putrinya, Laila, ia diminta oleh istrinya untuk berada di rumah lebih awal dan memberinya hadiah serta kue. Tapi kehidupan sehari-hari di Palestina memiliki rencana lain. Selengkapnya bisa kita tonton di film yang memenangkan 4 penghargaan dan 1 nominasi ini.

5. Salt of This Sea (2008)

Sutradara: Annemarie Jacir
Penulis Skenario: Mamoun El Shinawi, Annemarie Jacir
Pemain: Suheir Hammad, Saleh Bakri, Riyad Ideis, dll.

Film ini masuk seleksi Resmi Festival Film Internasional Cannes pada tahun 2008, memenangkan 4 penghargaan dan 3 nominasi. Film tersebut menayangkan penyair Palestina-Amerika Suheir Hammad sebagai Soraya, seorang wanita Palestina kelahiran Amerika, yang berangkat ke Israel dan Palestina dalam upaya untuk merebut kembali rumah keluarganya dan uang yang diambil selama Perang Arab-Israel 1948. Aktor Palestina, Saleh Bakri juga membintangi film tersebut.

6. The Time That Remains (2009)

Sutradara : Elia Suleiman
Penulis skenario: Elia Suleiman
Pemain: Ali Suliman, Maisa Abd Elhadi, Saleh Bakri, dll.

Sebuah film drama semi-biografi yang ditulis dan disutradarai oleh seorang Palestina bernama Elia Suleiman. Bercerita tentang penciptaan negara Israel dari tahun 1948 sampai sekarang. The Time That Remains diputar di Toronto International Film Festival dan memenangkan Grand Prize di Asia Pacific Screen Awards. Film ini juga memenangkan Critics Prize dari Asosiasi Kritikus Film Argentina di Mar del Plata International Film Festival. Total ada 5 kemenangan dan 5 nominasi yang dikantongi oleh film ini.

7. Amreeka (2009)

Sutradara: Cherien Dabis
Penulis skenario: Cherien Dabis
Pemain: Nisreen Faour, Melkar Muallem, Hiam Abbass, dll.

Amreeka adalah sebuah film independen yang mendokumentasikan kehidupan keluarga Amerika Palestina di Tepi Barat dan Chicago (daerah pinggiran kota Post-9/11). Ditayangkan perdana di Festival Film Sundance 2009 dan mendapatkan banyak pujian. Totalnya film ini sudah memenangi 9 penghargaan dan menempati 18 nominasi. National Geographic Entertainment bahkan membeli semua hak hiburan teater Amreeka setelah debut di Sundance.

Adakah yang sudah ditonton?


Share this article on
Today Quote:
If you don’t stand up for something, you’ll fall for anything. (Malcolm X)

Posted in taiwanhalal.com