Mewujudkan Resolusi Tahun 2018 dengan Bantuan Iman

Posted on: Taiwan Halal / By Fera Nur Aini / Editor Fera Nur Aini / 2018-01-05 20:26:58 / 318 Views

Mewujudkan Resolusi Tahun 2018 dengan Bantuan Iman

Saat tahun baru, sudah jadi kebiasaan sebagian besar orang untuk membuat resolusi. Isinya tentu macam-macam dari mulai lulus sekolah atau kuliah, menikah, memiliki anak, membeli mobil, melunasi rumah, dan masih banyak lagi. Semuanya tergantung pada pribadi dan jalan hidup masing-masing. Namun sayangnya, sudah jadi kebiasaan pula, resolusi ini hanya kita kejar di 2-3 bulan pertama dan setelah itu kita melupakannya.

Mewujudkan resolusi memang bukan perkara mudah, apalagi jika resolusi itu berbentuk tujuan hidup yang besar. Tapi, iman ternyata bisa jadi salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk memotivasi dan mengiringi langkah kita mewujudkan semua resolusi. Bagaimana caranya?

1. Jadikan resolusi sebagai ibadah.

Ketika resolusi yang kita buat bukan untuk diri kita sendiri melainkan sebagai bentuk pengabdian kita kepada Allah, maka kita cenderung akan lebih berkomitmen pada resolusi tersebut. Hal ini dikarenakan resolusi tersebut akan kita anggap sebagai bagian dari ibadah. Jika kita memiliki resolusi ingin menurunkan berat badan misalnya, maka ubahlah sedikit dengan menambahkan nilai ibadah didalamnya. Kita ingin menurunkan berat badan agar tubuh kita lebih sehat sehingga lebih khusyuk dalam beribadah.

2. Buat kematian jadi deadline-nya.

Bagi sebagian besar dari kita, tanpa adanya deadline maka pekerjaan tidak akan segera kita lakukan. Deadline ibarat cambuk yang akan memacu kita segera mengerjakannya. Tapi jika resolusi itu kita buat sendiri, apakah yakin deadline yang kita buat sendiri juga akan kita patuhi? Kita bisa melakukannya kalau deadline itu adalah kematian kita. Tidak ada yang tahu kapan kematian akan menjemput, namun jika kita mengingatnya kita akan lebih bersemangat menjalani hari karena seolah sudah tak ada hari esok lagi.

3. Cari teman yang mendukung.

Kita selalu butuh pengingat, termasuk untuk mewujudkan resolusi tahun 2018 ini. Jadi ketika kita sedang malas atau mulai berubah arah, ada orang-orang yang senantiasa mengiringi dan mengingatkan kita untuk tetap gigih mencapai resolusi tersebut. Masih ingat kan salah satu poin di lagu "Tombo Ati" kita disarankan berkumpul dengan orang soleh? Sama pula saat kita ingin mencapai tujuan baik, maka kita harus mencari lingkungan yang mendukung tujuan kita tersebut.

4. Fokus pada hal kecil tapi istiqomah.

Amalan yang paling baik di mata Allah adalah amalan yang istiqomah dilakukan. Orang-orang beriman pasti tahu betul mengenai hal ini. Jika kita terjemahkan dalam usaha mewujudkan resolusi tahun 2018, maka kita juga harus menerapkan konsep istiqomah ini. Tak harus berfokus pada kerja keras dengan usaha yang besar, cukup berfokus pada hal-hal kecil tapi konsisten.

5. Rencanakan seolah kamu sendirian.

Ketika Rasulullah SAW merencanakan hijrah dari Makkah ke Madinah, semuanya beliau rencanakan seolah hijrah itu begantung pada dirinya sendiri saja. Semua persiapan benar-benar dilakukan secara matang agar dapat berjalan dengan lancar meski bisa saja Rasulullah bergantung pada mukjizat. Jika kita terlalu bergantung pada orang lain kita akan terlalu mengandalkan mereka dan tak mengeluarkan kemampuan kita secara maksimal. Berbeda halnya jika kita bergantung pada diri kita sendiri.


Selain kelima hal di atas, satu hal yang pasti harus kita miliki adalah kesabaran. Tidak ada yang serba instan di dunia ini, semuanya membutuhkan proses. Itulah kenapa ayat Alquran banyak sekali yang berbicara tentang kesabaran. Sabar adalah kunci terakhir yang harus selalu kita bawa dalam usaha mewujudkan resolusi tahun 2018 ini.


Share this article on
Today Quote:
Anybody who believes in Allah and the Last Day should not harm his neighbor, and anybody who believes in Allah and the Last Day should entertain his guest generously, and anybody who believes in Allah and the Last Day should talk what is good or keep quiet (i.e. abstain from all kinds of evil and dirty talk) (hadith 47, Sahih Al Bukhari, Vol: 8)

Posted in taiwanhalal.com

Login to comment