Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ada 3 Kategori Najis yang Dimaafkan

Posted on: Taiwan Halal / By Fera Nur Aini / Editor Fera Nur Aini / 2017-12-12 16:24:46 / 1397 Views

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ada 3 Kategori Najis yang Dimaafkan

Kesucian jadi masalah yang sangat penting bagi umat Islam karena menjadi salah satu syarat sahnya sholat yang merupakan ibadah utama dan harian. Berbagai macam aktivitas yang kita lakukan tiap harinya terkadang membuat kita harus bersentuhan dengan hal-hal yang bersifat najis. Kadang hal ini membuat kita was-was dan ragu dalam memutuskan, "apakah kita masih suci untuk sholat?".

Padahal tidak semua yang terkena najis akan dianggap najis pula, menurut fiqh madzhab Syafi'i ada beberapa najis yang bisa dimaafkan, atau istilahnya di "ma'fu". Salah satu referensi yang bisa kita baca adalah kitab Kâsyifatus Sajâ karangan Syekh Nawawi Banten, seperti dilansir lama NU. Dalam kitab tersebut dijelaskan paling tidak ada 3 kategori najis yang bisa dimaafkan yaitu:

1. Najis yang dimaafkan ketika mengenai air maupun pakaian.

Najis yang dimaksud adalah najis yang sangat kecil dan umumnya tidak terlihat oleh mata normal. yang masuk dalam kategori ini adalah najis yang sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh mata yang normal. Contohnya cipratan air kencing yang sangat lembut dan tidak terlihat mata pada pakaian yang kita kenakan. Pakaian tersebut masih dianggap sah untuk sholat karena najisnya masuk kategori dimaafkan.

2. Najis yang dimaafkan ketika mengenai pakaian.

Artinya najis ini tidak dimaafkan ketika mengenai air yang digunakan untuk bersuci. Contohnya adalah darah yang sedikit, jika mengenai pakaian maka pakaian tersebut masih bisa digunakan untuk sholat. Sementara jika mengenai air, maka air itu dianggap tidak suci lagi. Sedikit di sini ukurannya berdasarkan adat kebiasaan atau noda yang memang sulit dihindari. Ada juga yang berpendapat sedikit itu satu kuku atau segenggaman tangan.

3. Najis yang dimaafkan ketika mengenai air.

Berbeda dengan sebelumnya, najis ini justru tetap dianggap najis jika mengenai pakaian. Contohnya adalah bangkai binatang yang tidak memiliki darah seperti nyamuk, kecoak, semut, kutu rambut dan semacamnya. Jadi jika kita sedang sholat lalu tiba-tiba ada semut mati di atas pakaian kita maka hukumnya sholat kita batal. Kecuali jika kita segera membuang bangkai semut tersebut dari pakaian kita.

Kelihatannya hal-hal seperti ini sepele, tapi dampaknya sangat besar karena berpengaruh pada sah atau tidaknya sholat kita. Semoga Allah senantiasa menjaga kesucian kita dan menghindarkan kita dari hal-hal najis yang menyebabkan sholat kita tidak sah. Wallahu a’lam.


Share this article on
Today Quote:
Indeed, an ignorant man who is generous is dearer to God than a worshipper who is miserly (Hadith 580 - Al-Tirmidhi)

Posted in taiwanhalal.com

Login to comment: Login/Register or